Beranda | Artikel
Bagaimana Pandangan Ali bin Abi Thalib Kepada Kaum Khawarij?
Sabtu, 1 September 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Musri Semjan Putra

Bagaimana Pandangan Ali bin Abi Thalib Kepada Kaum Khawarij merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 21 Dzul Qa’idah 1439 H/ 03 Agustus 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Diskusi Ibnu Abbas dengan Kaum Khawarij

Kajian Tentang Bagaimana Pandangan Ali bin Abi Thalib Kepada Kaum Khawarij?

Sebelum ataupun setelah Ali bin Abi Thalib memerangi orang-orang khawarij, khalifah Ali bin Abi Thalib memberikan hak-hak Islam kepada mereka. Sehingga ketika dalam peperangan melawan orang khawarij ini, beliau memberikan ultimatum kepada pasukan beliau bahwa tidak boleh mengejar orang yang lari. Ataupun membunuh orang yang sedang terluka.

Lalu mereka yang terbunuh dikuburkan secara islam. Kemudian barang-barang yang dia bawa ke medan perang dibawa ke Kufah dan disuruh bagi yang kenal untuk mengambilnya. Beliau juga tidak merampas harta orang-orang khawarij kecuali yang dibawa ke medan tempur seperti pedang, baju besi ataupun tamengnya.

Ini merupakan tuntunan bagi kaum muslimin ataupun penguasa muslim ketika menyikapi adanya sekelompok orang yang berfaham seperti demikian. Maka memerangi mereka adalah sesuatu yang diperbolehkan jika mereka sudah melakukan kerusakan atau mengancam keselamatan orang banyak. Ini adalah syarat-syarat yang telah ditentukan ketika Ali bin Abi Thalib ingin menyerang orang-orang Khawarij.

Ali bin Abi Thalib telah berdiskusi dengan mereka. Selama mereka belum menumpahkan darah dan tidak mengganggu orang di jalan, maka selama itu mereka tidak diperangi oleh Ali bin Abi Thalib kecuali setelah mereka melakukan aksi pembunuhan dan atau perampasan, barulah Ali bin Abi Thalib menghukum mereka.

Pada suatu kali Ali bin Abi Thalib ditanya oleh para sahabat. Apakah mereka itu kafir?

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download MP3 Kajian Tentang Bagaimana Pandangan Ali bin Abi Thalib Kepada Kaum Khawarij?


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44601-bagaimana-pandangan-ali-bin-abi-thalib-kepada-kaum-khawarij/